Komunikasi Guru PAK dalam Memacuh Minat Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.52849/apokalupsis.v12i1.17Keywords:
Komunikasi, Guru, Dan Minat, BelajarAbstract
Membangun komunikasi yang baik dalam proses pembelajaran antara guru PAK dan siswa membawa pengaruh yang berdampak bagi peningkatan minat belajar siswa. Hal ini diketahui dengan adanya pengaruh positif yang signifikan atas kemampuan komunikasi dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap minat belajar siswa. Selain daripada itu, komunikasi guru PAK dalam memicu minat belajar siswa harus selaras dengan kebenaran berdasarkan Alkitab sebagai dasar dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai guru yang mampu berkomunikasi secara baik, dengan menampilkan informasi berupa pesan, ide atau gagasan, perasaan, dengan menggunakan kata-kata verbal, isyarat nonverbal, tulisan, dari guru kepada siswa, sehingga terjadi interaksi yang mempengaruhi pola pikir, sikap, dan tinggkah laku siswa dalam siklus pembelajaran yang ada. Terdapat beberapa tokoh dalam Alkitab baik dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru menggambarkan suatu komunikasi antara Allah dengan mereka menunjukkan bahwa suatu komunikasi harus disertai tanggungjawab yang benar sesuai kehendak Allah. Komunikasi adalah alat dan sarana yang sangat dibutuhkan oleh manusia termasuk guru PAK yang dapat menghasilkan minat dalam belajar. Minat merupakan keinginan untuk memperhatikan dan melakukan kegiatan untuk meraih sesuatu di kemudian hari. Minat sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Hal ini sangat jelas sebab komunikasi yang baik adalah bentuk komunikasi interaktif yang dapat menghasilkan minat belajar bagi siswa dalam menyampaikan informasi dan melakukan interaksi yang di dalamnya mengandung pengetahuan yang baik, dan dapat bermanfaat bagi siswa melalui guru PAK yang bertanggungjawab dalam proses belajar mengajar yang dipengaruhi faktor keterbukaan, empati, positif, kesimbangan, percaya diri, kesegaran, dengan adanya menajemen interaksi yang baik, jujur dalam berbicara serta penuh perhatian. Hal inilah yang menjadi kunci terbaik dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Kristen.
References
Aswan Zain & Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:
PT Rineka Cipta, 2010.
Bahri Djamarah Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif,
Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Bachri Thalib Syamsul, Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris
Aplikatif, Jakarta: Kencana, 2010.
Bevito Joseph A, Komunikasi antar Manusia, Tangerang Selatan: 2009.
Darmawan Dedi, Teori Komunikasi, Bandung: Arum Mandiri Press, 2006.
Departemen pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:
Balai Pustaka, 2005.
Farid Hamid dan Heri Budianto, Ilmu Komunikasi, Jakarta: Kencana
Prenada Media Group, 2011.
Felber Terry, Kiat Praktis Komunikasi, Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer,
Hendra Surya, Menjadi Manusia Pembelajar, Jakarta: Elex Media
Komputindo, 2009.
Harjana Agus M., Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal Yogyakarta:
Kanisius, 2007.
Hurlock, Psikologi Perkembangan Jakarta: Erlangga,1990.
Imran Ali, Membangkit Minat Membaca Pada Anak, Bandung: Angkasa
Kamisa, 1997,
Kamisa Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Kartika 2001.
Kamus Besar bahasa indonesia, KBBI, v1.1
M. Arifin & Barnawi & M. Arifin, Strategi & Kebijakan Pembelajaran
Pendidikan Karakter Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2012.
Maulana Heri D. J., Promosi Kesehatan, Jakarta: Buku Kedokteran EGC,
2009.
Megawangi, Ratna, Pendidikan Karakter Jakarta: Indonesia Heritage
Foundation, 2004.
Moekijat, Teori Komunikasi Bandung: Mandar maju,1993.
Mulyana Dedy, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja
Rosda Karya, 2005
Nainggolan John.M, Pendidikan Berbasis Nilai-nilai Kristiani, Bandung:
Bina Media Informasi, 2011.
R. Djokopranoto & R. Eko Indrajait, Manajemen Perguruan Tinggi Modern
Yogyakarta: ANDI, 2006,
Rusman, Model-model Pembelajaran Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,
2012
R. Djokopranoto & R. Eko Indrajait, Manajemen Perguruan Tinggi Modern, Yogyakarta: ANDI, 2006,
Sabri Alisufi, psikologi pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2000
Sadirman A.M, Iteraksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali
Pers, 2011
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mepengaruhi, Jakarta: Rineka cipta,
2010
Syah Muhibbid, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru,1995
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001.
Siahaan S.M, Komunikasi dan Penerapan, Jakarta: Gunung Mulia,1991.
Tong Stephen, Arsitek Jiwa II, Jakarta: Momentum, 2011.
Hendra Surya, Menjadi Manusia Pembelajar, Jakarta: Elex Media
Komputindo, 2009.
Vivian Jhon, Teori Komunikas Massa Jakarta: Kencana, 2008.
Yusvavera Syatra Nuni, Desain Relasi Efektif Guru dan Murid Jogjakarta:
BUKU BIRU, 2013.
Internet
http://faisal-wibowo.blogspot.com/2013/01/komunikasi-verbal-dan-nonverbal.html 7/7/2021
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_intrapersonal 7/7/2021 9:11:48 PM
http://nandaerlika.wordpress.com/2012/03/16/pengertian-dan-sifat-
komunikasi/7/7/2021
Idechandra.blogspot.com/2013.03/pengertian-komunikasi-menurut-para-
ahli.html 7/7/2021
Ikomun.blogspot.com/2009/03/36-pengertian-komunikasi-menurut-
para.html 7/7/2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.