Menelusuri Makna Lirik dalam Lagu-lagu Pujian Kristen Karismatik
DOI:
https://doi.org/10.52849/apokalupsis.v12i1.13Keywords:
communication; human behavior; lyrics, meaningAbstract
Psikologi musik adalah bidang kajian yang digunakan untuk menganalisis perilaku manusia yang disebabkan oleh unsur-unsur musikal. Namun pada dasarnya musik tidak hanya dapat dipahami dari perspektif psikologi untuk menganalisis perilaku manusia. Selama ini ini dalam konteks ibadah Kristen, perilaku manusia disebabkan oleh aspek-aspek musikal seperti melodi, ritme dan harmoni. Ketiga unsur ini bukanlah satu-satunya cara untuk melihat kekuatan musik dalam mengubah perilaku manusia. Di balik semua itu ada cara lain untuk mengkaji perilaku manusia, yaitu analisis makna. Kekuatan makna ini dipandang mampu mengubah perilaku manusia. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode studi pustaka dan kritik sastra, dibarengi dengan telaah teori komunikasi. Melalui teori komunikasi, kekuatan makna dapat diidentifikasi, melalui proses interpretasi dan asosiasi, hingga terjadi perubahan perilaku. Perubahan perilaku ini juga karena adanya hubungan personal antara manusia dan transenden, bahkan hubungan ini memiliki makna yang lebih dalam dari musik itu sendiri. Dalam musik gereja, musik hanyalah sarana, tetapi lirik di dalamnya mengacu pada Alkitab, sehingga lirik dalam musik gereja dapat disebut "sastra doa Kristen”.
References
Berglund, Robert. (1985). The Philosophy of Church Music. British: Moody Pub.
Bruyn, David de. (2020). “Jonathan Edwards’s Synthesis of Definitions of Beauty,” dalam Jurnal Artistic Theologian Vol. 8.
Cooke, Deryck. (1989). The Language of Music. New York, USA: Oxford University Press.
Craig, Robert, et al. (2007). Theorizing Communication: Reading Across Traditions. Thousand Oaks, C.A.: Sage.
---------------------. (1999). “Communication Theory as a Field,” Communication Theory 9.
Hanslick, Eduard. (1986). On The Musically Beautiful. Indianapolis, Hackett.
Hermintoyo, M. (2018). “Fungsi Rima dalam Lirik Lagu. Dalam Jurnal Nusa, Vol. 13, No.1.
Goldstein, E. Bruce. (2011). Cognitive Psychology: Connecting Mind, Research, and Everyday Experience, United State: Wadsworts Cengage Learning.
Koester, Craig R. (1995). Symbolism in the Fourth Gospel: Meaning, Mistery, Community. USA: Fortress Press.
Langer, Sussane K. (1942). Philosophy in a New Key. Cambridge, Harvard University Press.
Littlejohn, Stephen W., et al. (2015). Theories of Human Communication. Illionis, Waveland.
Mall, Andrew. (2020). “Shout to the Lord: Making Worship Music in Evangelical America.” The Yale Journal of Music and Religion, Vol. 6, No.1.
Marinis, Marco De. (1993). The Semiotics of Performance. Bloomington: Indiana University Press.
Martin, Ryan J. (2020) . “Love for Christ and Scripture-Regulated Worship.” Journal of Artistic Teologian Vol. 8.
Milne, Bruce. (1993). The Messege of John: Here is Your King. England: Inter-Varsity Press.
Noth, Winfried. (1990). Handbook of Semiotics. Bloomington: Indiana University Press.
Rothgeb, John (1990). “Schenkerian Theory and Manuscript Studies: Modes of Interaction,” dalam Schenker Studies (Hedi Siegel, Ed.). Cambridge: Cambridge University Press.
Sensenig, Jacob. (2017). “In Defense of Repetition: A Philosophy for Planning Music for Corporate Worship,” dalam Artistic Theologian Vol 5.
Simanjuntak, Frans Jimmy, et al. (2017). “Penggunaan Musik dalam Ibadah Kontemporer di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Jemaat Semarang Barat,” dalam Jurnal Seni Musik, Sendratasik, Unnes, 6 (2).
Sloboda, John A. (1990). The Musical Mind: The Cognitive Psychology of Music. USA, Oxford University Press.
Tailor, W. David O. (2019). “The ‘New Song’ of the Psalter as a Vision for Contemporary Worship Music,” Jurnal Artistic Theologian Vol. 7.
Tan,, Siu-Lan, et al. (2010). Psychology of Music: From Sound to Significance. New York: Psycology Press.
Tenney, Merrill C. (1992). Survei Perjanjian Baru. Malang:Gandum Mas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.