Analisis Teologikal-Homiletikal Perilaku Hidup Jemaat Rukun Keluarga

  • Cicilia Gunawan Sekolah Tinggi Teologi Internasional Harvest
Keywords: Perilaku, Jemaat, Hidup, Rukun, Keluarga

Abstract

Perilaku Hidup Jemaat Rukun Keluarga secara etimologi dapat diartikan adalah sikap atau tindakan yang terus dilakukan (bergerak) dengan berfokus atau berpedoman pada perilaku Yesus Kristus, yaitu menunjukkan sikap hidup yang jujur dan bukan munafik, bertanggung-jawab, cenderung berbuat baik dan mengikuti kehendak Allah atau mengandalkan Tuhan. Adapun ciri-cirinya: mengasihi, bertindak murah hati, bersikap rendah hati, berperilaku lemah lembut, bersabar, mengampuni, mengutamakan hidup damai, bersatu dengan saudara seiman, dan bersyukur..

Melalui analisis teologikal – homiletikal terhadap Kolose 3:12-15, peneliti menemukan ciri-ciri dengan dengan mengasihi, bertindak murah hati, bersikap rendah hati, berperilaku lemah lembut, bersabar, mengampuni, mengutamakan hidup damai, bersatu dengan saudara seiman, dan bersyukur.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan hermeneutik pada tahap analisis teologikal – homiletikal.

Published
2020-11-02
How to Cite
Gunawan, C. (2020). Analisis Teologikal-Homiletikal Perilaku Hidup Jemaat Rukun Keluarga. Jurnal Apokalupsis, 11(2), 40-51. Retrieved from https://ojs.hits.ac.id/index.php/OJS/article/view/11